Categories :

Apa itu Crowdfunding? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Berkat kemajuan teknologi, kini telah tersedia beragam platform investasi. Investasi berbasis aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone atau melalui website. Salah satunya yaitu crowdfunding, nah hari ini kita akan membahas apa itu crowdfunding.

Apa itu crowdfunding?

Crowdfunding adalah urun dana untuk suatu proyek atau bisnis. Melalui mekanisme ini pengumpulan dana akan lebih efektif dan tentu hasilnya lebih besar karena melibatkan banyak orang.

Perkembangan teknologi mempermudah bisnis untuk berkembang. Beragam marketplace hadir untuk menjangkau pasar, platform ride hailing, dan platform equity crowdfunding Indonesia sebagai alternatif pembiayaan. Hmm apa itu crowdfunding? Yuk kita bahas!

Mekanismenya semacam gotong royong atau patungan seperti halnya kamu patungan membeli kado untuk temanmu yang berulang tahun.

Umumnya crowdfunding dilakukan melalui internet agar dapat dijangkau oleh semua orang dan semua kalangan. Saat ini crowdfunding tidak hanya terbatas untuk donasi, tapi juga untuk memodali suatu bisnis atau proyek.

Nah, memangya apa saja sih jenis-jenis crowdfunding yang ada di Indonesia. Yuk kita bahas apa itu crowdfunding secara lebih mendalam.

Jenis Jenis Crowdfunding

Crowdfunding terbagi dalam beberapa jenis, tergantung metode, bentuk imbalan dan kegunaannya. Berikut crowdfunding yang sering kamu temui:

1. Donation Crowdfunding

Donation Crowdfunding adalah urun dana yang dilakukan oleh para donatur atau pemberi dana (penyumbang) sebagai bantuan atas suatu proyek, misalnya proyek perakitan pesawat R80 impian Alm. BJ Habibie.

Crowdfunding donasi juga banyak dilakukan untuk meringankan beban korban bencana alam, bantuan untuk kaum yang membutuhkan, atau kegiatan filantropi lainnya.

Saat pandemi, jenis urun dana yang satu ini ramai dilakukan untuk meringankan beban para pekerja lepas terdampak pandemi Covid. Mungkin kamu menjadi salah satu donaturnya?

Melalui mekanisme ini, penyumbang atau donatur tidak mendapatkan dan tidak dapat menuntut keuntungan dari modal yang telah ia sumbangkan.

2. Crowdlending atau P2P Lending

Crowdlending biasa juga disebut dengan P2P Lending, adalah platform peminjaman dana yang berasal dari dana banyak orang. Melalui platform ini, kamu dapat meminjam dana untuk melakukan ekspansi bisnis.

Nantinya investor atau pemodal yang meminjamkan uangnya, akan mendapatkan bagi hasil yang berasal dari bunga pinjaman debitur.

Saat ini telah tersedia beragam platform P2P Lending di Indonesia, tapi pastikan kamu platform crowdfunding yang aman dan terpercaya yang ditandai dengan telah diawasi OJK seperti Amartha

3. Equity Crowdfunding

Crowdfunding Ekuitas disebut juga sebagai Equity Crowdfunding adalah penggalangan dana yang dilakukan penerbit dengan cara menerbitkan saham guna ditawarkan kepada investor sebagai modal ekspansi bisnis.

Seluruh mekanisme dilakukan secara online melalui website atau aplikasi penyelenggara. Sehingga terdapat 3 pihak yang terlibat dalam mekanisme ini, yaitu:

  • Penyelenggara, perusahaan yang menjembatani dan memfasilitasi penerbit (pelaku usaha) dan pemodal (investor).
  • Penerbit, yaitu perusahaan yang membutuhkan dana untuk melakukan ekpansi bisnis dengan cara melepas sebagian sahamnya untuk dimiliki investor, dan berkewajiban untuk memberikan bagi hasil (dividen) secara berkala kepada investor.
  • Investor, yaitu orang yang turut memenuhi kebutuhan modal pelaku usaha dengan cara membeli saham penerbit dengan harapan mendapatkan bagi hasil.

Saat ini Equity Crowdfunding lebih dikenal dengan nama Securities Crowdfunding setelah Presiden RI Joko Widodo meresmikannya pada 4 Januari 2021 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *