Categories :

Pas Banget Dikonsumi Ibu Hamil, Ini 7 Manfaat Konsumsi Alpukat 

Saat menjalani masa kehamilan, tentu saja anda harus menemukan cara cepat dan mudah untuk bisa meningkatkan nutrisi bagi tubuh dan janin dalam kandungan. Satu diantara sederet buah yang memiliki begitu banyak manfaat adalah alpukat. Dikutip dari laman Rabu (24/2/2021), buah ini menyediakan sumber nutrisi yang cukup dan tentu saja dapat ditambahkan ke menu makanan manis dan gurih serta camilan anda.

Alpukat menawarkan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh ibu hamil, seperti serat, lemak sehat, vitamin, mineral dan senyawa tanaman bermanfaat. Buah bertekstur lembut ini dapat bermanfaat bagi kesehatan dan menjadi pilihan yang cocok untuk konsumsi masa kehamilan anda. Berikut cara konsumsi alpukat yang dapat membantu anda dan calon bayi untuk tetap sehat selama kehamilan.

Serat sangat penting untuk memiliki kesehatan yang optimal selama masa kehamilan. Menambahkan buah kaya serat seperti alpukat ke dalam makanan anda selama kehamilan, dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklamsia. Namun faktanya, banyak ibu hamil yang tidak mendapatkan cukup serat dalam makanannya.

Banyaj diantara mereka hanya mengkonsumsi setengah buah alpukat dengan berat 100 gram. Ini hanya menyediakan serat di bawah 7 gram atau sekitar 25 persen dari rekomendasi harian minimum 28 gram untuk serat selama kehamilan. Menambahkan sumber lemak ke dalam menu makanan anda tentunya dapat membantu meningkatkan kepuasan, karena lemak membuat makanan terasa lebih lezat.

Alpukat sarat dengan lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Lemak yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah dan membantu anda untuk tetap kenyang. Terlebih lagi, asupan buah kaya lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi seperti alpukat selama kehamilan, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan meredakan insomnia ibu hamil.

Selain protein dan kalori, secara keseluruhan, kebutuhan anda akan vitamin dan mineral tertentu meningkat selama kehamilan. Misalnya, orang hamil membutuhkan lebih banyak folat, magnesium, dan vitamin C dibandingkan orang yang tidak hamil. Alpukat adalah sumber terkonsentrasi dari banyak nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah tinggi selama kehamilan.

Termasuk diantaranya vitamin C, folat, dan magnesium. Kebutuhan folat meningkat secara signifikan selama masa kehamilan, karena nutrisi ini memiliki peran penting dalam perkembangan janin dalam kandungan. Menikmati setengah buah alpukat seberat 100 gram akan memenuhi sekitar 14 persen dari kebutuhan folat harian anda selama kehamilan.

Alpukat adalah sumber yang kaya magnesium dan kalium, nutrisi yang sangat penting untuk pengaturan tekanan darah yang sehat. Selama kehamilan, mengkonsumsi banyak makanan kaya kalium seperti alpukat, dapat membantu mengurangi risiko terkena hipertensi gestasional. Sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan terhadap 263 wanita hamil menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi lebih dari 250 hingga 300 miligram (mg) kalium per hari, memiliki penurunan risiko tekanan darah tinggi secara signifikan selama kehamilan.

Menariknya, alpukat merupakan sumber potasium terkonsentrasi. Satu setengah buah alpukat seberat 100 gram mengandung 485 mg. Alpukat juga mengandung magnesium, mineral yang penting untuk pengaturan tekanan darah.

Antioksidan adalah senyawa bermanfaat yang membantu melindungi tubuh anda dari kerusakan sel dan dapat membantu meningkatkan kesehatan dalam banyak hal. Alpukat sangat kaya akan lutein karotenoid. Lutein memiliki sifat antioksidan yang kuat dan merupakan sumber terpercaya yang penting untuk perkembangan mata dan fungsi otak bayi Anda.

Karena lutein adalah senyawa yang larut dalam lemak, lutein dalam alpukat diserap lebih efisien dibandingkan buah atau sayuran lain yang mengandung lutein dengan kandungan rendah lemak. Selain lutein, alpukat mengandung berbagai antioksidan lain, diantaranya zeaxathantin. beta karoten, vitamin C. Alpukat juga mengandung antioksidan karotenoid termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxathantin yang ditemukan dalam ASI.

Kadar nutrisi ini secara langsung bergantung pada asupan ibu. Mengkonsumsi lebih banyak alpukat selama masa menyusui dapat membantu meningkatkan kandungan karotenoid sumber tepercaya ASI anda. Ini penting untuk tumbuh kembang bayi anda.

Saat anda hamil, memberi energi dengan cara yang benar pada tubuh anda, tentunya sangat penting untuk mendapatkan kesehatan yang optimal. Saat Anda lapar, menyiapkan makanan atau cemilan yang mengandung alpukat adalah cara cerdas untuk menjaga diri anda untuk tetap kenyang dan mencegah agar tidak makan secara berlebihan. Alpukat kaya serat dan lemak sehat, nutrisi yang telah terbukti dan diyakini dapat meningkatkan rasa kenyang.

Memilih makanan yang mengenyangkan dan padat nutrisi seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu anda untuk tetap berenergi sepanjang hari. Selain itu dapat juga membantu anda mempertahankan berat badan yang sehat, yang merupakan sumber tepercaya yang penting untuk kesehatan anda dan calon bayi. Menjaga gula darah dan lemak darah pada tingkat optimal, dapat membantu anda menjalani kehamilan yang sehat dan aman.

Mengkonsumsi alpukat, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu dan mengatur kadar gula darah, sehingga ini tentunya mengurangi risiko komplikasi kehamilan. Alpukat rendah karbohidrat dan kaya serat serta lemak sehat, ini membuat buah ini menjadi pilihan yang tepat bagi orang hamil namun menderita gula darah tinggi atau diabetes. Mengkonsumsi alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah pasca melakukan aktivitas makan pada orang dengan kadar gula darah tinggi.

Alpukat dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) pelindung jantung dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) Buah ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selama masa kehamilan. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *