Categories :

Tips Melakukan Solo Traveling Khusus Pemula

Berwisata bersama keluarga dan teman pasti menyenangkan, namun bagi sebagian orang, ada tantangan tersendiri saat akhirnya memutuskan untuk melakukan solo traveling. Meski begitu, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang, misalnya dengan membeli asuransi kecelakaan diri  yang memberikan perlindungan serta extra manfaat untuk Anda selama perjalanan. Pastikan Anda saat memilih asuransi ini, Anda sudah memahami kondisi apa saja yang masuk ke dalam perlindungannya. Kemudian, melakukan banyak riset terkait dengan aturan yang ada di tempat tujuan destinasi dari jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Hal ini tentu saja karena melakukan solo traveling terbilang memiliki lebih banyak risiko, terlebih jika tujuan destinasi masih terbilang asing dan belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Lebih lengkapnya, berikut beberapa tips yang wajib diterapkan dalam melakukan solo traveling agar perjalanan aman dan menyenangkan. Yuk, disimak ulasannya sebagai berikut.

  • Melengkapi dokumen perjalanan yang dibutuhkan

Selalu periksa ulang dan dengan teliti setiap dokumen perjalanan yang dibutuhkan sebelum dan saat berpergian. Beberapa dokumen perjalanan yang wajib Anda periksa ulang adalah kartu identitas, pasport dan dokumen lain, seperti tiket pesawat atau dokumen booking hotel. Letakkan dokumen penting dalam map khusus anti air dan masukan ke dalam tas perjalanan Anda.

  • Mempelajari kata bantu yang penting dalam bahasa lokal

Salah satu tips manjur yang harus Anda masukan ke dalam daftar adalah mempelajari kosa kata bantu yang sederhana namun penting dalam bahasa lokal. Setidaknya, Anda tahu bagaimana cara mengatakan, terima kasih, tolong, hingga bertanya tentang dimana letak pusat informasi, polisi atau rumah sakit terdekat. Dengan menguasai beberapa kota kata di atas, warga lokal tentu akan dengan cepat dan segera membantu Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  • Mencatat dengan baik nomor darurat yang bisa dihubungi

Selain mempelajari kota kata bantu yang sederhana, Anda juga wajib mencatat nomor darurat yang bisa Anda hubungi saat situasi sedang genting. Misalnya dengan mencatat nomor telepon rumah sakit terdekat, kepolisian hingga kedutaan besar negara.

  • Cermat dalam memilih berbagai jenis akomodasi

Saat Anda melakukan solo traveling, keamanan ekstra saat berpergian amatlah sangat penting. Untuk itu, Anda harus cermat dalam memilih akomodasi, baik kendaraan yang akan digunakan maupun juga hotel tempat nantinya menginap. Pastikan Anda tidak memilih jenis akomodasi yang asal murah saja tanpa memeriksa penilaian yang diberikan oleh pengguna sebelumnya.

 

Itu dia beberapa tips solo traveling yang bisa Anda terapkan, agar perjalanan Anda bisa lebih lancar dan aman terkendali. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari budaya tempat Anda berkunjung agar Anda tidak dianggap kasar atau tidak sopan oleh warga setempat, membawa beberapa obat-obatan pribadi yang tentunya terdaftar dan diizinkan di negara tujuan hingga menyediakan uang cash lebih yang bisa Anda gunakan di jalan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.